Pengisian Rekam Medik

 

Kendala di lapangan yang sering dirasakan oleh para praktisi di bidang rekam medik adalah masalah ketidak lengkapan pengisian rekam medik. Hal ini yang akhirnya berdampak pada macetnya alur pengolahan data rekam medik. Jika pngolahan data macet alias mandek, maka tidak akan diperoleh suatu informasi yang actual atau up to date.

Sering sekali masalah tersebut menimbulkan banyak spekulasi dikalangan tenaga rekam medik. Hingga timbul pertanyaan mengenai masih perlu ga sih sebenarnya rekam medik di rumah sakit itu. Pertanyaan itu menjadi sangat logis karena pada kenyataanya memang banyak rekam medik tidak lengkap dan para tenaga medis dengan berbagai alasan malas untuk melengkapi. Kalau ditanya masih perlu apa tidak, pasti para tenaga medik itu menjawab perlu, tetapi kenyataannya mereka sendiri yang tidak mau melengkapi. Jadi aneh dan akhirnya tidak sedikit petugas rekam medik yang merasa tidak dihargai.

Sebenarnya klo dipikir dan dikaji ulang, kegunaan rekam medis itu salah satunya untuk membantu tenaga kesehatan pada khususnya dan pihak manajemen rumah sakit pada umumnya. Tenaga kesehatan dalam merawat pasiennya akan mendapatkan manfaat dari rekam medik yang terisi lengkap karena dalam rekam medik yag lengkap terdapat catatan mengenai riwayat kesehatan si pasien. Selain itu rekam medik yang lengkap juga dapat membantu mereka saat ada tuntutan dari pihak pasien karena rekam medik dapat dipakai sebagai suatu barang bukti di pengadilan.

Sedangkan untuk pihak manajemen, rekam medik bisa menjadi suatu data yang dapat diolah lebih lanjut untuk  menghasilkan informasi yang akurat. Infomasi yang dihasilkan dari rekam medik ini bisa digunakan untuk membuat suatu perencanaan. Misal bagian keuangan akan dapat melihat suatu trend yang terjadi di instansinya dan membuat suatu rencana keuangan uantuk periode berikutnya. Atau bagian marketing setelah memperolah informasi dari hasil pengolahan data rekam medik bisa merancang strategi pemasaran yang lebih baik lagi untuk mencapai taget yang diinginkan.

Entah sampai kapan rekam medik masih saja tidak lengkap. Padahal pemerintah telah mengatur melalui Permenkes No. 749a/MENKES/PER/XXI/1989 mengenai berbagai ketentuan yang harus dilaksanakan berkaitan dengan pembuatan, penyimpanan dan pemanfaatan rekam medik.

Dan akhirnya penulis mangajukan pertanya kepada seluruh tenaga kesehatan di Indonesia, “Tahukah Anda sebagai tenaga kesehatan mengenai peraturan menteri kesehatan yang penulis sebut diatas?”@pwh

About these ads

6 Responses

  1. Apakah artinya jika Rekam medik tidak dapat sokongan di RS???
    Jika saja ada audit RM, maka pasti begitu banyak kerancuan akan ditemukan, seperti tidak sesuainya antara instruksi dr, pelaksanaan tindakan perawatan, kerasionalan dan ketepatan pemberian obat dan sebagainya.
    Banyak pasien menjadi korban yang diakibatkan soal ini. Tapi siapa bisa mengAUDITnya ???
    Hanya pasrah.. dan up to you… maka apa jadinya ???
    dimana hak pasien mendapatkan perlindungan dan pelayanan yang profesional ??? Ini sungguh memerlukan JIWA BESAR untuk membenahi.
    Salam

  2. Berjuanglah terus agar nanti RM bisa dapat tempat yang layak. ayo..

  3. mang benar banyak manfaatnya rekam medis baik dr ,pasien maupun pihak Rumah Sakit………….

  4. tak ada berita baru ?

  5. RM lengkap mimpi kali ye……..menggeluti di RM ternyata membosankan, mengolah data yg tdk lengkap menjadi informasi, mustahil, yg ada informasinya ga jelas.
    Coba deh menggeluti bidang lain selain RM, ternyata menyasikkan. Ternyata ilmu itu selain RM cepat sekali berkembang dibandingkan RM yg ngurusin berkas yg tdk lengkap. Ga maju-maju. Kasian deh RM

  6. […] akan mulai dari masalah identitas pasien, tulisan ini tentunya bersangkutan dengan masalah “pengisian rekam medik”. Di Rumah Sakit (RS) yang saya amati ini, rekam medik masih dilakukan secara konvensional. Maksud […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: