Rekam Medik?

gbrfile

Pertanyaan yang sederhana tetapi membutuhakan jawaban dan perhatian yang cukup seksama. Mengapa penulis menganggap itu suatu pertanyaan sederhana? Ya memang rekam medik itu suatu hal yang sederhana. Saking sederhananya banyak pihak yang melihat hanya dengan sebelah mata. Padahal dibalik kesederhanaan itu terdapat kegunaan yang tidak bisa dibilang biasa. Makanya dibutuhkan suatu perhatian untuk bisa mengerti dan memperoleh kegunaan dari rekam medik.

Kembali ke pertanyaan mengenai apa sebenarnya rekam medik. Secara sederhana rekam medik adalah catatan mengenai data sosial dan data klinik pasien. Pengertian tersebut adalah pengertian dimana rekam medik adalah suatu benda/ objek/ media perekaman. Tapi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan rekam medik dapat diartikan lebih menjadi suatu sistem penyelenggaraan rekam medik. Dimana rekam medik tidak hanya diartikan sebagai satu obyek media rekam tetapi diartikan menjadi suatu alur kerja yang saling berhubungan dalam menjaring data yang valid untuk menghasilkan suatu informasi yang factual.

Sistem penyelenggaraan rekam medik ini meliputi lima kegiatan pokok. Kegiatan tersebut adalah:

1. Penerimaan

Kegiatan penerimaan disini berhubungan dengan penerimaan segala data dari pihak pasien. Data tersebut bisa merupakan data sosial ataupun data klinik. Biasanya data sosial akan diterima pertama kali saat pasien mendaftar di pendaftaran. Sedangkan data klinik diperoleh saat pasien tersebut berada di pelayan rawat jalan, rawat inap maupun penunjang medik.

2. Pencatatan

Kegiatan pencatatan adalah kegiatan dimana data sosial dan data klinik di catat dalam suatu media yang dapat dilihat kembali pada masa yang akan datang. Media yang selama ini paling sederhana adalah media kertas, sedangkan yang sedang dikembangkan adalah media digital melalui bantuan alat computer.

3. Pengolahan

Kegiatan pengolahan data pada penyelenggaraan rekam medik adalah proses yang dilakukan di unit rekam medik terhadap hasil pencatatan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan. Proses ini secara manual meliputi assembling (penataan berkas yang ada dalam rekam medik), indexing (pengindekan data untuk memudahkan pencarian) dan koding (pemberian kode untuk klasifikasi penyakit).

4. Pelaporan

Kegiatan ini adalah proses dimana data yang telah dikumpulkan diolah lebih lanjut hingga dapat menghasilkan informasi yang lebih bermanfaat baik untuk pihak intern maupun ekstern.

5. Penyimpanan

Adalah kegiatan menyimpan seluruh data dan informasi yang telah berhasil diperoleh untuk keperluan di masa yang akan datang

Dari kelima kegiatan yang saling behubungan tersebut, rekam medik akan memiliki daya guna/ fungsi untuk pasien sebagai konsumen dan manajemen sebagai pengelola. Biasanya kegunaan dari rekam medik di hafal oleh mahasiswa dan dosen jurusan rekam medis menggunakan jembatan keledai “ALFRED”.

Administratif : Disini rekam medik memiliki fungsi administrative dimana didalamnya terdapat catatan mengenai tindakan berdasarakan otorisasi dan tanggung jawab tertentu sebagai petugas medik atau paramedik.

Legal : Rekam medik memiliki kegunaan secara hukum, karena rekam medik mencatat semua kegiatan pelayanan yang diberikan oleh petugas kesehatan kepada pasien dimana catatan tersebut dapat dijadikan suatu jamian kepastian hukum atas dasar keadilan.

Financial : Berdasarkan catatan yang ada dalam rekam medik tersebut, bagian keuangan akan dapat menelusuri atau mengadakan audit mengenai biaya yang dikelaurkan selama perawatan

Research : Suatu berkas rekam medik dapat dipergunakan sebagai bahan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan.

Education : Rekam medik juga dapat digunakan sebgai alat dalam pendidikan. Karena catatan yang terkandung di dalam rekam medik terdapat catatan yang lengkap serta terurut berdasarkan waktu (jelas secara kronologis) hingga catatan tersebut dapat dipakai sebagai bahan kajian.

Documentation : Dengan adanya catatan yang baik dan lengkap dalam rekam medik maka rekam medik akan menjadi suatu alat dokumentasi atau sumber ingatan yang baik dan dapat berguna di kemudian hari sebagai bahan pertanggung jawaban rumah sakit.

Tentunya kegunaan tersebut akan dapat di capai dengan beberapa syarat yang mungkin masih dianggap merepotkan bagi beberapa pihak yang terlibat dalam pelayanan kesehatan. Dan karena dianggap merepotkan, maka keadaan dan perkembangan rekam medik di rumah sakit masih jauh dari baik apalagi sempurna. Syarat yang dianggap repot tersebut antara lain, kelengkapandan ketepatan catatan medik, tanda tangan yang mengisi rekam medik, dan masih banyak lagi laennya.

Dari sedikit perkenalan mengenai rekam medik ini penulis berharap tenaga kesehatan pada khususnya serta masyarakat pada umumnya dapat mengerti dan memahami apa sebenarnya rekam medik itu. Dengan mengerti dan memahami maka kita akan dapat memperoleh manfaat secara maksimal.@pwh

18 Responses

  1. kok tak ada menyinggung soal ICD ? Mohon balasannya Bang…

  2. menurut anda contoh rekam medik yang baik itu formatnya mesti gimana?
    jika rekam medik di RS sebagian besar jauh dari baik.
    terimakasi,

  3. Blog ini katanya mau memberi penjelasan, kok jawabannya singkat banget sih… tambah penasaran beta ini.
    bagaimana bisa dialog…. buka pintu dong
    Tolong kasih yang lebih jelas…. yah..
    Salam

  4. di Manca negara pendidikan RM ini sampai S3.
    Apa itu sederhana ???

  5. Om, saya bilang sederhana wong Rekam Medik di Indonesia kurang diperhatiin. Trus percaya ga percaya nih… di tempat saya kerja rekam medik itu dianggap bagian yang non profit jadi lumayan disepelekan. jadi saya beranggapan emang rekam medik disepelekan. Klo Om mau ngadain surfey tentang keadaan rekam medik di rumahsakit-rumahsakit saya mau kok. biar kita bisa nemuin jawaban sejauh mana perhatian masyarakat terhadap rekam medik. Trus paling- paling di Indonesia adanya cuma D3 Rekam Medik… jadi giaman coba? Mohon petunjuk Om….

  6. Sudah pernah mengikuti training ICD-10? saya kira 99 persen urusan konten RM ada disana.

  7. Sory sekedar nambahkan aja, klo kegunaan dari RM tu bukan cm sekedar “ALFRED” Tp “ALFRED AIR” yang mana……:
    ALFRED = sebagaimana yg disebutkan diatas &
    AIR terdiri dari :
    A = Akurat
    I = Informatif
    R = Rahasia

    • Terima kasih saudara Indra atas masukannya. Saya juga pernah membaca tambahan masalah AIR (Akurat, Informatif, Rahasia). Saya tidak masukkan sebagai kegunaan Rekam Medik karena menurut saya AIR adalah sifat dari Rekam Medik. Sekali lagi terima kasih atas masukannya.

  8. […] Posts Rekam Medik?Nama Pasien Dalam Proses IndeksingUji Standar Profesi Perekam MedikLayananKepemilikan Rekam […]

  9. […] Posts Nama Pasien Dalam Proses IndeksingRekam Medik?Situs Resmi […]

  10. […] Posts Penyusutan Berkas Rekam Medik (1)Rekam Medik?Kepemilikan Rekam MedikDownloadPersetujuan Tindakan MedisNama Pasien Dalam Proses IndeksingUji […]

  11. buku2 referensi tentang buku ekspedisi rumah sait tu apa aja to?tlong ksh tahu untuk bhan skripsi saya…

  12. ass,,
    saya mahasiswa S1 keehatan masyarakat peminatan (MIK) manajemen informasi kesehatan,
    saya sedang masa pembuatan proposal skripsi…
    saya bingung soalnya saya bukan basik dari D3 rekam medis..
    kira kira apa ya buat tema dan judul skripsi saya.
    terima kasih,,
    ditunggu saranya.

  13. makasih ya datanya berkat ini saya punya aplikasi medical record terintegrasi dari registrasi pasien sampai diagnosa pasien laboratorium sehingga menjadi suatu catatan laporan medic. mantap makasih ya ..kaka..

    • Salam kenal Mas Donny. Saya jg ucapkan terima kasih karena sudah berkunjung ke blog ini. Saya ikut senang bila apa yg selama ini sy tulis bisa membantu para praktisi di bidang rekam medis maupun Manajemen Informasi Kesehatan. Klo Mas Donny berkenan, mohon untuk sharing tentang aplikasi rekam medis yang Mas Donny miliki hingga harapannya bisa membantu teman2 praktisi rekam medis yang laen. sekali lagi terima kasih atas kunjungn di blog ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: