Pendaftaran Salah Satu Pintu Utama Data

Pendaftaran akan kita sorot kali ini, karena dipastikan bagian ini ada di tiap pelayanan kesehatan. Dimana bagian ini kadang kala kita lihat masih saja yang kurang sigap dalam melayani pasien dan dalam mengumpulkan data pasien. Entah dikarenakan kurangnya keterampilan dalam menggunakan sarana prasarana yang ada atau memang tidak adanya standar operasional prosedur di bagian tersebut.

Tapi tunggu dulu, karena kali ini kita tidak akan membahas bagaimana seorang petugas pendaftaran itu harus bersikap, tetapi kita akan mencoba membuka wacana bahwa pendaftaran akan menjadi suatu alat pengumpul data yang paling awal. Pendaftaran akan menjadi suatu bagian alat pengumpul pertama kali data pasien (utamanya data sosial). Dimana data sosial ini akan berfungsi dalam menunjang pelayanan tahap berikutnya serta akan sangat berguna saat rumah sakit harus melakukan laporan baik ke dalam maupun ke luar.

Pendaftaran akan menjadi pintu utama dan pertama pasien atau klien dalam bersentuhan dengan instansi pelayanan kesehatan. Dimana dalam proses pendaftaran akan dilakukan suatu kegiatan pendataan terhadap pasien/ klien tersebut. Pendataan ini akan menghasilkan suatu informasi yang sangat berharga di waktu mendatang bila proses pendataan yang dilakukan benar serta lengkap.

Banyak model pendaftaran yang dilakukan tetapi inti dari pendaftaran adalah pendataan serta pembukaan terhadap suatu transaksi baru. Nah kita mulai dari masalah pendataan diri pasien. Pada proses pengambilan data pasien, sebenarnya item data yang dikumpulkan pada saat pertama kali di pendaftaran sangat standard dan biasanya berlaku di semua instansi pelayanan yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Memang mungkin perlu hal-hal tertentu yang harus disesuaikan agar data dapat terkumpul dengan cepat tepat dan benar. Hal ini mengingat petugas akan berhubungan dengan orang yang sakit dan mungkin perlu penanganan khusus serta cepat.

Dari sedikit keterangan diatas, secara otomatis perlu adanya suatu standar operasional bagi unit pendaftaran dalam melayani pasien dan standar mengenai data yang harus diperoleh saat pendaftaran. Dengan tujuan data yang diperlukan dapat terkumpul dengan benar dan pelayanan terhadap pasien tidak lambat.@pwh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: