Meski Homecare Tetap Harus Ada Catatan Medik

Bandung. Baru kemaren saya sempat ngobrol dengan teman-teman terapist di kantor setelah sekian lama sibuk jadi kurir (kasian bgt deh gwe😦 ). Kita ngobrol tentang usul diadakannya homecare dari Bagian Rehabilitasi Medik (Rehab Medik).

Homecare dari bagian Rehab Medik ini bertujuan untuk memudahkan pelanggan dalam memperoleh terapi. Terapist akan mendatangi rumah pasien yang membutuhkan terapi dan memberikan terapi di rumah. Sehingga pasien dan keluarga tidak perlu datang ke rumah sakit, tinggal mendaftar via telepon dan bikin janji. Ini satu terobosan yang bagus untuk melayani dan menjaring konsumen.

Nah dalam obrolan tersebut saya sebagai praktisi rekam medis mengingatkan agar jangan lupa membuat catatan medik. Jadi meskipun terapi dilakukan diluar rumah sakit rekam medic harus tetap dibuat dan nantinya rekam medik tersebut disatukan dengan rekam medik yang sudah ada di rumah sakit.
Kenapa sih harus tetap dicatat tindakan homecare ini dalam rekam medik? Kan terapinya di luar rumah sakit? Pertanyaan yang cukup menggelikan seandainya kita sudah tau apa fungsi rekam medik. (mungkin teman saya belum tau nih🙂 )
Jawabannya simple. Program homecare ini diadakan sebagai terobosan dalam pelayanan terhadap konsumen oleh pihak rumah sakit. Artinya program homecare ini tetap menjadi tanggung jawab rumah sakit, dimana rumah sakit sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan diwajibkan untuk membuat rekam medik. Jadi kalau terjadi suatu hal yang tidak diinginkan oleh kedua pihak (Pasien/ keluarga maupun rumah sakit) catatan dalam berkas rekam medik siap untuk difungsikan sebagai alat bukti dalam persidangan.
Akhir dari obrolan tersebut kita masing-masing saling mengerti untuk tetap waspada. Jangan sampe rekam medik terlewat dalam melayani pasien. Untuk para pengelola layanan kesehatan yang akan mengadakan layanan”Homecare” jangan lupa akan kewajiban untuk tetap menyelenggarakan rekam medik. Oce obrolan harus distop disini. Kerja lagi gan….🙂.

3 Responses

  1. Anda benar Mas…. Rekam medik Itu bagian dari kewajiban dimana hak pasien juga disana untuk mendapatkan penegakan diagnosa yang benar dan mutu pelayanan yang optimal.
    Ini mestinya disosialisasikan oleh IDI dan mendapat pengawalan dari pemerintah sebagai pengawas.
    Data kesehatan kita masih belum menjangkau mereka yang dilayani oleh fasilitas Home Care ini atau yang sejenisnya. Malah database pada Labkespun mestinya diintegrasikan agar diperoleh analisis yang lebih tepat tentang perbaikan yang patut dilakukan untuk kesehatan masyarakat.
    Salam

  2. Yth, titip informasi bagi yang membutuhkan ya..

    jika ada yang mau menyewa alat-alat medis untuk homecare (perawatan dirumah) seperti tempat tidur rumah sakit, oksigen, kursi roda, suction pump dll dapat melihat blog kami di

    http://griyakami.wordpress.com atau http://homecare.griyakami.com

    terimakasih banyak ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: