SMS Gateway

Bandung. Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Ditransmisikan maksudnya disebarluaskan, baik secara luas maupun terbatas.

Kalau di rumah sakit, tentu penyebarannya informasi ada batasan. Beberapa hal tidak bisa disebarluaskan secara bebas karena ada beberapa kode etik yang harus diperhatikan. Tapi ada beberapa hal di rumah sakit yang perlu disebarluaskan kepada khalayak ramai. Misalnya hal-hal mengenai jenis pelayanan yang disediakanoleh rumah sakit, fasilitas di rumah sakit dan atau tarif yang diberlakukan di rumah sakit tersebut.

Nah kalau rumah sakitnya rumah sakit negeri  yang menerima pasien tidak mampu, selain menyebarkan info mengenai jenis pelayanan dan fasilitas juga harus menyebarkan info mengenai persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa berobat di rumah sakit tersebut. Taukan maksud saya?🙂 Iya… maksudnya kalau di rumah sakit negeri kan ada program Jamkesmas, Gakinda ato Jamkesda ato apapun itu namanya.

Nah program-program seperti yang saya sebut diatas kan biasanya banyak tuh persyaratannya. Saking banyaknya, kadang banyak masyarakat yang tergolong tidak mampu bingung. Mereka ga tau harus bawa persyartan apa saja. Jadi sering sekali saya merasa kasihan saat melihat ada pasien tidak mampu yang kebingungan dan harus pulang (padahal rumah jauh) untuk melengkapi persyaratan yang kurang tersebut.

Tapi hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan mencermati teknologi yang berkembang di masyarakat. Misalnya saja teknologi telephone selular/ handphone (hp). Handphone (HP) in bukan lagi barang lux/ mewah dan hampir setiap orang dewasa memegang HP. Termasuk para pasien yang berobat menggunakan fasilitas Jamkesmas maupun Gakinda mereka rata-rata juga memiliki handphone. Dan hal inilah yang harusnya kita jadikan solusi.

Solusi yang seperti apa sih? Ya solusi seperti judul kali ini “SMS Gateway”. Apasih SMS Gateway itu? SMS gateway adalah suatu platform yang menyediakan mekanisme untuk EUA menghantar dan menerima SMS dari peralatan mobile (HP, PDA phone, dll) melalui SMS Gateway’s shortcode (sbg contoh 9221). UEA dapat berupa berbagai aplikasi yang memerlukan penggunaan SMS. Seperti berbagai aplikasi web yang telah banyak menggunakan SMS (free sms, pendaftaran, konfirmasi melalui SMS, aplikasi perkantoran, dsb), CMS, acara pengundian di televisi, dll.

Hmmm bingung ya? Saya juga bingung neranginnya klo harus detail. Tapi gampangnya kita kasih contoh SMS gateway itu seperti klo kita mau ngecek pulsa. Kan kita tinggal pencet tuh nmor misal *888#, trus nanti secara otomatis aplikasi dari provider telekomunikasi akan memberikan jawaban jumlah pulsa yang masih kita punya. Ngertikan contoh sms gateway yang seperti saya maksud? Aplikasi SMS gateway ini sudah banyak dipakai oleh intansi yang memberikan layanan kepada masyarakat secara luas dan bukan sebuah hal baru. Contohnya saja pihak kepolisian, provider telekomunikasi, dan beberapa rumah sakit swasta.

Nah jika aplikasi sms gateway ini dipasang oleh rumah sakit yang menerima pasien tidak mampu, harapannya informasi tentang persyaratan akan mudah disebarkan. Atau sebaliknya pasien tidak mampu akan mudah dalam memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Tinggal cek saja misal dengan mengetik Jamkesmas_Persyartan kemudian kirim ke 989, nanti si pasien akan mendapat balasan berupa point-point persyaratan yang dibutuhkan.

Ok deh semoga posting kali ini bisa memberi inspirasi atau ide buat semua pembaca hingga pekerjaan dan hambatan dilapangan bisa diatas. By the way klo bingung mo bikinnya, bisa kok konsultasi atau pesen aplikasi “SMS Gateway ” ini di sini. Sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini, ditunggu saran, komentar atau apapun itu. @pwh

3 Responses

  1. keren dab…share dunk ilmunya heheheheh

  2. thx infonya (y)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: