Profesiku

perekmmedisBandung. Hello… apa kabar sahabtku semua…. Semoga semua dalam keadaan sehat. Klo saya kali ini dalam keadaan yang kurang sehat, jadi hari ini saya ada di rumah dan bisa bikin satu posting nih. Hehehe…kurang sehat rohaninya kayany….

Siang ini saya cuma pengen berbagi sedikit nih soal profesi perekam medis. Karena di sebelah sana tuh ada yang lagi galau menyoal nasibnya sebgai seorang perekam medis. Ya namanya manusia pasti punya pemikiran yang berbeda-beda soal profesinya. Ada yang merasa sngat puas, ada yang merasa biasa saja, ada yang selalu uring-uringan.

Nah karena tadi saya bilang ada yang lagi galau soal profesinya sebagai perekam medis, maka yang saya mau curhat ya soal isi uring-uringanny itu. Uring-uringan itu klo diterjemahin ke Bahasa Indonesia apaya? Mungkin mudahny uring-uringan itu digambarkan seperti lagi kesel, bawaanya ngedumel, marah-marah, dan menggerutu soal suatu hal.

Ok, bicara soal profesi rekam medis dan uring-uringan…. Saya sendiri sering bahkan orang-orang yang kenal saya pasti dalam hatinya bakal ngebatin klo saya orangnya rewel, ga mensyukuri keadaan, dan sok perfect.Klo ada yang bilang saya rewel ya memang saya rewel. Karena saya orangnya ga bisa diem aja klo ada sesuatu yang menyalahi pakem. Pakem ini yang saya maksud adalah sebuah konsep dasar. Ya tentu saja saat ini kita sedang bicara konsep dasar penyelenggaraan rekam medis coy… Lha kok jd ngomongin soal saya? Kali ini bukan soal saya nih ah… yang uring-uringan tetangga sebelah tuh.

Tetangga sebelah tuh uring-uringan soal nasibnya menjadi perekam medis. Saya tau wong saya baca statusnya di Fb gini nih

“samlikum…
seiriring berjalannya waktu semakin banyak mahasiswa/i lulusan RMIK, semakin banyak pula anggota PORMIKi, saat ini sebagian dari kawan-kawan ini yg baru lulus DIII RMIK mulai mengGalau.. galau kenapa ? mereka galau karena saat mereka kerja gaji mereka = UMR. (UMR untuk SMA/K) alias gaji kecil. pling selisih tdk jauh.
nego udah pol polan..
nah peranyaannya agar kawan-kawan ini tidak semakin menggalau.. “sudahkah ada setandar gaji untuk profesi RMIK yg ditetapkan oleh PORMIKI ?” mengingat kebutuhan RS terhadap profesi ini sangat besar.. agar profesi ini lbh dihargai lagi. biaya kuliah sudah besar, tpi pndapatan kecil.. lama balik modalnya.. hahaha *bcanda..”

Buat yang statusnya saya kutib jangan tersinggung ya… Status/ pernyataan diatas memang sampai sekarang masih saya rasakan. Bukan saya ga bersyukur sudah jadi PNS ya… tapi saya dulu sebelumny juga pernah jadi pegawai swasta. Klo dipikir-pikir gaji pas di swasta sama pas dah PNS ga jauh beda dan pernyataan tetangga yang mewakili temen-temen yang semakin menggalau itu memang bener bahwa sepertinya PORMIKI yang mewadahi profesi perekam medis belum menentukan standar minimum gaji.

Padahal saat ini sudah ada STD dan uji kompetensi, seharusnya bisa dikembangkan lagi untuk menetapkan standar minimum gaji profesi perekam medis. Nah itu nantinya jadi pekerjaan rumah buat PORMIKI untuk menentukan standar gaji. Moga saja bisa terwujud.

Nah kalau saran saya buat temen-temen yang galau akan gajinya sebgai perekam medis…. untuk saat ini ya terus berjuang. Jangan menyerah dengan keadaan, tunjukan bahwa teman-teman memiliki kompetensi untuk mengelola rekam medis dan informasi kesehatan. InsyaAllah nanti juga mata hati para atasan akan terbuka, bahwa profesi perekam medis itu ada harganya.

Kalau tetep saja ga dihargai gimana? Dah capek-capek kerja, mangae ini itu tapi tetep ga dihargai? Gimana hayo? Kalau keadaannya tetep seperti itu (red ga dihargai), ya kita terpaksa cari tempat yang bisa kita ajak kompromi. Gampang tho? Ya ini sekedar masukan saja… salahsatuny buat temen-temen tenaga kontrak di rumah sakit pemerintah yang cuma dapet upah Rp600000,-.  Banyak kok rumah sakit swasta yang membutuhkan tenaga rekam medis, dan mereka mau bayar lebih dari sekedar Rp600000,-.

Nah itu aja deh sharing buat kali ini. Mohon maaf jika ada salah-salah kata. Yang jelas tulisan ini ga ngajarin jelek ya… niatny cuma kasih masukan agar temen-temen ga galau dan ga menyerah. AYO SEMANGAT!!!@pwh

Leave a Reply

